Fungsi ilmu pengetahuan alam bagi manusia


Yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lainnya adalah karena adanya akal untuk berfikir yang pada akhirnya menambah ilmu pengetahuan. Adapun ilmu pengetahuan itu sendiri di pergunakan manusia untuk ; 1) menerangkan gejala, 2) memahami hakekat gejala, 3) meramalkan gejala, 4) mengendalikan gejala.

Dari ke empat tahap tadi bisa di jelaskan seperti berikut :
Menerangkan suatu gejala (baik yang konkrit atau abstrak) berarti manusia harus mengamati, lalu memberi nama dan memberi keterangan tentang gejala yang di amati. Keterangan-keterangan ini di himpun sehingga manusia mempunyai diskripsi mengenai berbagai macam gejala. Himpunan gejala itu itu di himpun menjadi beberapa golongan.
Memahami hakekat atau prinsip gejala, yaitu mengetahui alasan, sebab dan kondisi yang menimbulkan gejala tersebut. Manusia merinci sifat umum atau generasi gejala berdasarkan himpunan deskripsi yang dimilikinya.
Setelah memahami hakekat gejala, manusia berusaha menemukan hukum-hukum. Manusia berusaha agar dapat mengira-ngira munculnya gejala yang akan datang.
Tahap paling akhir dari fungsi ilmu pengetahuan adalah agar manusia dapat mengendalikan suatu gejala. Mengendalikan gejala berarti melakukan manipulasi terhadap faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya suatu gejala, sehingga dapat mengatur kapan gejala itu dapat terjadi.

Fungsi ke empat tahap di atas bersifat komulatif, yang artinya harus berurutan antara no 1 sampai 4. Contoh ; seseorang harus mengetahui pengetahuan tentang komputer untuk bisa memperbaiki komputer yang rusak.
Adapun ilmu pengetahuan itu sendiri dapat terus berkembang karena manusia :
  • Mempunyai dorongan dan rasa ingin tahu untuk emngembangan pengetahuan agar dapat memecahkan masalah
  • Manusia memiliki bahasa dan pikiran (daya berpikir).

Advertisement
Fungsi ilmu pengetahuan alam bagi manusia | Batik Jateng | 5

0 comments:

Post a Comment